Yayasan Flickr – Menempatkan sejarah pada peta

Screenshot of the global map in the Commons Explorer

Yayasan Flickr didirikan pada tahun 2022 dengan misi menjaga gambar-gambar Flickr tetap bisa dilihat selama 100 tahun. Sebagai bagian dari pekerjaan, kami mengelola Flickr Commons, wadah koleksi unik foto-foto bersejarah dari lembaga-lembaga budaya di seluruh dunia.

Awal tahun ini, kami meluncurkan Commons Explorer, yang memuat berbagai cara untuk menelusuri koleksi, dan baru-baru ini menambahkan fitur peta. Kamu mungkin menemukan foto kota tempat kamu tumbuh, tempat favorit untuk dikunjungi, atau bahkan tempatmu berada saat ini.

Berikut adalah tur singkat beberapa foto yang kami temukan menggunakan peta.

Eksplorasi di ujung dunia

Saat pertama kali membuat peta, mata kami tertarik pada kumpulan foto di bagian paling bawah. Ada banyak foto yang diambil di kawasan berpenduduk seperti AS dan Eropa, tetapi di Kutub Selatan, siapa yang punya kamera? Penjelajah Antartika!

Roald Amundsen adalah penjelajah kutub asal Norwegia, pemimpin kru yang pertama berhasil mencapai Kutub Selatan. Mereka menggunakan ski dan kereta luncur anjing untuk melintasi medan sulit, dan mereka tiba di kutub pada tanggal 14 Desember 1911. Perpustakaan Nasional Norwegia telah mengunggah foto mereka ke Flickr, dalam album Sydpol-ekspedisjonen.

The 'Endurance' under full sail, held up in the Weddell Sea, 1915 / by Frank Hurley

Amundsen bukan satu-satunya penjelajah kutub di Flickr Commons. Pada tahun 1914, Ernest Shackleton mencoba penyeberangan darat pertama di Antartika – tetapi ia terjebak di dalam es, dan terpaksa meninggalkan kapal. Lebih dari seratus foto selamat, dan Perpustakaan Negara Bagian New South Wales menambahkannya ke Flickr Commons – termasuk foto kapal Endurance milik Shackleton yang bernasib buruk.

Semua kapal berlayar dari suatu tempat

Saat kami menjelajahi peta, kami menemukan kumpulan besar foto di area kecil – arsip atau museum lokal, yang didedikasikan untuk sejarah tempat tertentu.

Di wilayah utara Inggris, Newcastle adalah salah satu contohnya – di peta tersebut terlihat lebih dari 400 foto milik Arsip Tyne & Wear. Wilayah ini memiliki sejarah industri yang kaya, yang tercermin dalam foto-foto di Flickr Commons.

Kapal-kapal yang dibangun di Inggris utara yang berlayar mengelilingi dunia. RMS Mauretania dibangun pada tahun 1906 di Sungai Tyne. Saat itu, RMS Mauretania adalah kapal terbesar di dunia. Pekerja yang nyaris tak terlihat dalam foto-foto ini memberikan gambaran tentang ukuran dan skalanya.

Workmen - Mauretania
Mauretania Construction

Kawasan ini juga merupakan pusat manufaktur, seperti pada foto pabrik Biskuit Wright ini. Perusahaan ini mulai membuat biskuit dan kue pada akhir abad kedelapan belas, dan para pekerjanya membantu memberi makan Angkatan Darat Inggris selama Perang Dunia Kedua.

Women at Work - Wright's Biscuits

Newcastle juga merupakan pusat penambangan batu bara. Kini, banyak dari tambang-tambang itu telah tutup, dan hari-hari terakhir mereka terabadikan di Flickr. Ada album foto yang diambil oleh fotografer dokumenter Les Golding, yang memperlihatkan para penambang dan peralatan tambangnya di Wearmouth Colliery. Seminggu kemudian, shift terakhir berakhir dan tambang ditutup.

Lift Shaft Engineers - Wearmouth Colliery

Ilustrasi pulau-pulau yang menarik

Sebagian besar penanda peta berada di atas daratan, sebagian besar merupakan kota dan area pemukiman. Mata kami tertuju pada hampir 400 di tengah Samudra Pasifik, yang diambil di kepulauan Hawaii. Lokasinya sangat rinci, sehingga kami dapat membedakan foto yang diambil di pulau yang berbeda.

Pada tahun 1970-an, Badan Perlindungan Lingkungan AS mempekerjakan puluhan fotografer untuk mendokumentasikan Amerika sebagai bagian dari proyek Documerica. Banyak dari foto-foto ini telah diunggah ke Flickr Commons oleh Arsip Nasional AS, termasuk perjalanan Charles O’Rear ke Hawaii. Dia memotret lusinan foto yang memberikan gambaran kehidupan sehari-hari di Hawaii.

10,000 acres of the island of Hawaii is devoted to growing macadamia nuts, and production is increasing, November 1973
Store in Pukoo area, October 1973
On Saturday, schoolboys from Lanai City go out to dive for octopus--a delicacy which represents good money if sold to local markets, October 1973

Documerica juga bertujuan menangkap isu lingkungan yang dihadapi Amerika. Foto-fotonya menyoroti ketegangan antara pemandangan alam Hawaii yang menakjubkan dan tekanan yang semakin besar penggunaan lahan untuk pariwisata dan perumahan.

The Hilo area of Hawaii is known as the orchid capital of the world, November 1973
"New town" grows where pineapples used to thrive. Pineapple growers are developing their own “surplus land.” October 1973

Anggota baru Flickr Commons segera hadir!

Dengan gembira kami umumkan bahwa pintu bagi anggota baru Flickr Commons akan segera kami buka. Kami akan segera kembali dengan postingan penyambutan pertama yang telah lama kami buat. Hore!